Dari Hobi Menjadi Hoki

Bisnis pakaian dan pernak-pernik bertema tokoh anime terbukti punya pasar tersendiri dan makin diminati.

Anime alias animasi khas Jepang menjadi daya tarik bagi banyak orang, terutama para remaja. Penggambaran tokoh yang menarik berpadu dengan beragam karakter super menjadikan figur-figurnya tak cuma dikagumi, tapi juga ditiru dalam berbagai bentuk. Misalnya saja dimunculkan dalam pakaian dan aneka macam aksesori.

Thoriq Yarsono (19), mahasiswa yang kini tengah mengenyam pendidikan Vokasi jurusan Perancangan Peraturan dan Kontrak Bisnis UB, menangkap peluang dari ketertarikan orang-orang kepada anime. Ia memproduksi pakaian-pakaian bergambar tokoh anime, jaket anime murah dan beragam aksesori seperti kalung, topeng, pedang, dan lain-lain.

thoriq_yarsono_02

“Awalnya, sih, ini hobi. Sering ngoleksi aksesoris anime terutama Naruto. Coba-coba jual, ternyata banyak peminatnya, akhirnya saya buat dan dijadiin usaha ini,” tuturnya.

Artikel terkait : Agen Jaket Anime

Selain menjadi jujungan para penggemar anime, tokonya akan ramai bilamana ada event bertemakan budaya Jepang. Misalnya saja ada agenda cosplay – ajang berkumpul mereka yang hobi anime untuk mengenakan dan memamerkan pakaian, aksesori, dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh idolanya – yang digelar di sekolah atau kampus.

Kain dan bahan aksesori ia dapat dari para pedagang. Ia sendiri yang menentukan desain produk yang akan dijual. Beberapa produk dibuat untuk stok di toko, tapi sebagian besar melayani para pemesan.

“Produksi sesuai pesanan selesainya agak lama. Pengerjaan juga membutuhkan waktu beberapa minggu. Jenis desain dan kain juga menentukan produksi,” katanya.

Meski tengah disibukkan dengan aktivitas perkuliahan, Thoriq membuktikan diri sanggup menjalankan usahanya tanpa banyak kendala. Bisnis clothing yang kini ia tekuni bahkan sudah beromzet tak kurang dari 15 juta rupiah setiap bulan. Seiring dengan makin populernya anime, ia berharap masih dapat menambah gerai untuk memasarkan aneka produk yang ingin ia kreasi,sekaligus melebarkan sayap dan bisa menjadi distributor jaket anime suatu saat kelak.

Artikel terkait : Prospek bisnis jaket Anime 2016

, ,

  1. Leave a comment

Leave a comment